Ahad, 13 Disember 2015

Manfaat Daun Turi untuk Kesehatan


Manfaat daun turi yang alami ini tentu bisa kita gunakan sebagai obat herbal. Turi dengan nama latin Sesbania grandiflora adalah tanaman dengan sejuta kegunaan.

 Diduga turi berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan., namun sekarang sudah tersebar ke berbagai darah tropis di dunia.

 Turi merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae yang tersebar di India Timur sampai Australia.

 Di Indonesia, pohonnya ditanam sebagai tumbuhan pelindung di sawah-sawah atau tanaman hias di halaman rumah.

Turi mempunyai daun penumpu sepanjang 0,5 – 1 cm dengan daun majemuk dan tersebar. Panjang daun sekitar 20-30 cm. Anak-anak daunnya jorong memanjang, menyirip genap dan rata. Tangkainya pendek dan di setiap tangkai berisi 20-40 pasang anak daun. Daunnya juga dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk.

Kandungan Daun Turi
Tercatat banyak yang menunjukan bahwa turi merupakan hijauan yang bernutrisi tinggi dan disukai oleh ruminansia ( hewan pemamah biak ).
 Setiap 100 gram berat kering, daun ini mengandung sekitar 36% protein kasar dan 9600 IU vitamin A.
 Konsentrasi N pada dedaunan itu sekitar 3,0–5,5%, dan lebih tinggi lagi pada biji, yakni hingga 6,5%. 
Ketecernaan dedaunan itu berkisar antara 65–73%, dengan kandungan serat kasar yang rendah (5–18%). 
Walaupun tanaman turi diketahui mengandung saponin dan tannin, sejauh ini tidak ada reaksi toksik yang terjadi pada ruminansia. Tapi perlu diperhatikan pakan ini bersifat mematikan pada ayam karena hanya berperut tunggal ( monogastrik).

Khasiat Daun Turi
Dari beberapa kandungan itulah, membuat selain bunganya tapi daunnya juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini selengkapnya tentang penjelasannya :

Demam nifas
Giling 1/3 genggam daun yang sudah dibersihkan, tambahkan ¾ cangkir air minum dan sedikit garam. Diperas dan disaring, lalu dapat diminum.

Penambah ASI
Ambil daun turi muda secukupnya, lalu dikukus. Dimakan sebagai lalapan matang. Bisa juga memakan bunga turi yang sudah di masak terlebih dahulu.

Obat batuk
Siapkan daun turi merah dan daun inggu masing-masing 1 genggam kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan air perasan sebuah jeruk pecel. Aduk, selanjutnya peras dan disaring, lalu silahkan Anda minum.

Keputihan
Ambil segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari dicuci kemudian giling hingga halus. Tambahkan ¾ gelas air minum, diaduk, diperas, dan disaring, lalu minum air perasan tadi 2 kali sehari.

Kuku bengkak akibat tersandung ataupun terkena pukulan
Ambil daun secukupnya lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkan diatas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalut dibalut dengan kain kasa atau sejenisnya. Ganti 2-3 kali dalam sehari.

Radang tenggorokan
Rebus segenggam daun turi merah dengan air bersih secukupnya, lalu saring. Apabila sudah dingin, air rebusan tadi gunakan untuk berkumur. Lakukan kumur-kumur 4 kali sehari.

Sariawan & sakit tenggorokan
Ambil daun secukupnya, cuci bersih lalu diremas-remas dalam wadah yang sudah ditambah air matang. Gunakan untuk berkumur di tenggorokan atau gargle.